Is Piracy Legal?

Akhir bulan Januari lalu, gw disibukin sama kegiatan dan kesibukan baru, suatu kesibukan yang sebenarnya ga pantes juga disebut kesibukan. Huuuaaaa… bahasa yang membingungkan. Namun pada intinya kesibukan tersebut melibatkan berbagai sumber daya yang sungguh menakjubkan namun di satu sisi bisa saja disebut maling. Kesibukan itu tidak lain dan tidak bukan adalah Piracy!!

Yak, pembajakan adalah suatu kegiatan yang melibatkan dua ekor kerbau jantan yang tangguh dan mampu menggemburkan tanah humus di persawahan. Biasanya membajak dilakukan oleh seorang di belakangnya dengan tujuan agar si kerbau bisa terkendali dengan baik dan tidak ngawur dalam tugas mulianya.

Tapi sebenarnya bukan hal di atas yang ingin gua obrolin disini. Pembajakan yang dimaksud sebenarnya dalam konotasi negatif (gag negatif juga sih, soalnya menurut gue positip abis) adalah piracy (english). Kegiatan seperti inilah yang membahayakan umat manusia. Pembajakan dituding sebagai pencurian hasil karya cipta orang lain yang notabene harus dilidungi.

Coba sekarang posisikan diri sebagai orang yang punya ide misalkan saja anda adalah seorang penemu alat yang mampu memberikan nilai ujian akhir semester yang baik tanpa harus belajar dan mengerjakan ujiannya yang kemudian disebut dengan alat AyMMNUASyBTHBdMU , lalu anda menelorkan ide itu pada publik khususnya kalangan mahasiswa dengan menjual produk AyMMNUASyBTHBdMU di pasar. Namun pada suatu hari anda mengetahui bahwa ada orang lain yang menjual alat yang sama tapi dengan harga jauh dibawah yang anda berikan dan pada akhirnya memaksa anda kalah dalam persaingan penjualan AyMMNUASyBTHBdMU. Nah, bagaimana perasaan anda sebagai pihak yang dirugikan?

Seperti itulah perasaan gua kemarin waktu melakukan pembajakan lewat rapidshare, suatu portal yang menyediakan jutaan file sharing didalamnya. Senang bercampur bingung waktu berhasil mengunduh lagu-lagu yang gua lagi demen. Tapi asumsi gua, it’s fine!, toh gua sendiri yang nikmatin hasil upaya kerja keras gua, tanpa harus dikomersilkan.

Baidewai, keren-keren loh lagu yang gua donlod kemaren, nama aritsnya DEPAPEPE, duo gitaris dari negeri sakura, dan gua berhasil ngedonlod semua albumnya!!! Senangnya. 😀

One thought on “Is Piracy Legal?

  1. Rendy M.S. says:

    kita sebagai musisi sangat menolak pembajakan!
    tapi kita sebagai orang kere.. ya gt deh… hehehehe…

    klo ada duit baru beli kaset atau cd-na bos!!

    jrg2 sih gw bli kaset.. kekeke

Leave a Reply

